Senin, 07 November 2016

Software Akuntansi Keuangan Di Zaman Modern Dengan Teknologi 2016

Pada zaman modern seperti sekarang ini, sungguh keberadaan Software Akuntansi merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendesak bagi setiap perusahaan yang ingin memenangkan persaingan bisnis. Software Akuntansi Indonesia merupakan salah satu tool yang sangat dibutuhkan guna mengolah data dan menyajikan informasi dengan cepat dan tepat.

Pada perkembangannya Software Akuntansi Indonesia bukan lagi merupakan software yang berfungsi hanya untuk mencatat transaksi-transaksi akuntansi saja, melainkan sudah menjelma menjadi paket software bisnis lengkap mulai dari modul pembelian, penjualan, stock, assembling, manufaktur, hutang, piutang, GL,dll.
Memilih Software Akuntansi Indonesia/ Program Akuntansi yang cocok untuk diimplementasikan diperusahaan bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah, karena ini menyangkut investasi yang nilainya tidak sedikit.

Jika kita salah dalam memilih Aplikasi Akuntansi, bukannya akan bernilai sebagai investasi bisa jadi malah akan menjadi beban perusahaan.


Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan matang-matang sebelum melakukan pembelian Software Akuntansi Indonesia dengan memperhatikan beberapa kriteria yang ditentukan sebelumnya.


  1. Memenuhi standar laporan keuangan Indonesia
Laporan keuangan yang dimaksud terutama pada bagian format laporan neraca yang berbeda dibandingkan dengan format negara lain seperti Malaysia atau Singapore yang cenderung mengadopsi format laporan Inggris.
Lebih baik jika Software Akuntansi tersebut bisa flexible memenuhi kedua format tersebut dan dapat dicetak dengan dua bahasa berbeda. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang sipatnya join venture/ kerja sama antara pengusaha Indonesia dan pengusaha Asing.

  1. Memenuhi kebutuhan transaksi perpajakan terutama PPN dan PPh .
Carilah Software Akuntansi/Program Akuntansiu yang dapat menghitung PPN, mencetak faktur pajak, memotong PPh tentunya akan sangat membantu staff pajak dalam menerbitkan dokumen atau menyusun laporan pajak.

  1. Transaksi dan Laporan memenuhi standar operasional perusahaan.
Sebagai contoh pada sisi pembelian, untuk perusahaan yang masih kecil mungkin hanya akan memerlukan proses pembelian yang dimulai dari Purchase Order ->Purchase Invoice -> Account Payable, dimana proses penerimaan barang akan dilakukan bersamaan dengan proses pencatatan tagihan/ AP.
Tetapi untuk perusahaan yang lebih besar tentunya memerlukan tambahan proses yakni untuk penerimaan barang yang pada umumnya dilakukan oleh staff gudang, sehingga flownya menjadi : Purchase Order -> Goods Received Note -> Purchase Invoice -> Account Payable

  1. Jaminan support/ layanan purna jual dan mudah didapat
Hal ini sangat penting karena jika sewaktu-waktu kita membutuhkan bantuan akan sangat mudah didapatkan,
dengan kata lain jaminan support ini merupakan jaminan seberapa lama kita akan dapat menggunakan Software Akuntansi tersebut.

  1. Dikembangkan oleh pengembang terpercaya
Cara mengetahui pengembang yang dipercaya tidak mesti dilihat dari iklannya, tetapi bisa dilihat dari track reccord-nya selama ini, sudah berapa lama menjalankan bisnis yang sama atau sudah berapa lama software tersebut dikembangkan.
Sudah berapa perusahaan yang menggunakan, sudah berapa user yang memakai, dan pertanyaan-pertanyaan serupa dengan itu.

  1. User friendly
User friendly merupakan kriteria bagi user, semakin user friendly suatu Software Akuntansi Indonesia maka user akan semakin nyaman mengoperasikannya.
Dengan demikian, diharapkan semoga semakin mudah pula mengimplementasikannya. Sebagai contoh, tampilan dapat disesuaikan berdasarkan user atau grup user.

  1. Mudah dipelajari, dan diimplementasikan
Desain sistem yang baik, tutorial/help file yang baik dan lengkap, bila perlu tersedia dalam versi video merupakah penunjang utama untuk mempermudah dalam mempelajari Software Akuntansi Indoensia selain dari adanya trainner baik pula.

  1. Teknologi yang digunakan merupakan teknologi terkini
Dengan menggunakan teknologi terkini, setidaknya Program Akuntansi tersebut akan dapat dipakai minimal lima tahun kedepan atau bahkan lebih.
Selain itu, Software Akuntansi Akurat tersebut akan tetap dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi sistem operasi yang baru.
Teknologi baru biasanya memiliki kemampuan/fitur baru. Sebagai contoh, jika kita menggunakan database engine Microsoft Sql database  atau Oracle database maka kita akan mendapatkan beberapa hal positif, diantaranya :
  • Kapasitas lebih besar,
  • Lebih stabil, database engine lama biasanya jika data sudah besar maka proses akan melambat dan tak jarang crash, hilang data, harus reindex, dll
  • Pemrosesan data lebih cepat, kenapa? karena terdapat fitur cache yang dapat dianalogikan sebagai kulkas di dapur kita.

  1. Mudah Customize/ Flexible
Kebutuhan bisnis yang sering sekali berubah seiring strategi bisnis yang diterapkan perusahaan tidak jarang berdampak pada keharusan Software Akuntansi mengimbangi perubahan yang ada, maka sangat perlu dipertimbangkan kemampuan Software Akuntansi tersebut seberapa besar dapat mengakomodasi kebutuhan akan perubahan tersebut.

  1. Sesuai dengan budget yang tersedia
Ini tentunya merupakan suatu hal yang sangat penting karena seberapapun cocoknya kalau seandainya budget yang ada tidak mencukupi maka Software Akuntansi/ Aplikasi Akuntansi tersebut tidak bisa dibeli.
Itulah sedikit review mengenai kriteria Software Akuntansi Indonesia yang bagus dan baik.
The Akun merupakan Software Akuntansi Indonesia yang akan membantu Anda memudahkan pekerjaan Anda. Tampilan Software Kami sangat user friendly dan efisien sehingga dapat memudahkan bagi pengguna.

Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi Kontak Kami.


Lokasi: Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar